Ragam Kegiatan Usaha

Bisnis retail adalah kegiatan usaha yang menjual barang atau jasa baik yang dikonsumsi secara langsung ataupun tidak. Pada umumnya, orang yang mempunyai bisnis retail tidak membuat barang dan tidak menjual ke pengecer lain. Tetapi, dengan bisnis retail yang semakin modern pada saat ini, akan memungkinkan banyak pengecer kecil yang membeli barang secara langsung dari pemilik usaha retail yang lebih besar.

Bisnis retail di Indonesia diklasifikasikan menjadi dua, yaitu bisnis retail tradisional dan bisnis retail modern. Bisnis retail modern merupakan pengembangan dari bisnis retail tradisional yang mengaplikasikan konsep modern, pemanfa’atan teknologi sepe rti internet.

Pada awalnya, bisnis retail di negara kita kurang dalam perkembangannya. Karena pada masa pemerintahan presiden RI Soeharto dahulu lebih mengutamakan usaha di bidang eksploitasi hasil alam seperti pertambangan dan kayu daripada bisnis retail dalam pelayanan barang atau jasa untuk masyarakat, meskipun pada saat itu di Indonesia sudah terdapat usaha retail yang telah berjalan.

Kemudian sekitar tahun 1990, bisnis retail ini mulai berkembang pesat didukung drngan adanya keputusan presiden yang menyatakan menghapus larangan investor dari luar negeri untuk masuk kedalam bisnis retail di Indonesia.

Saat ini, banyak usaha retail modern berbentuk market di Indonesia. Seperti supermarket, minimarket, hypermarket, convinience store, speciality store, discount store dan departement store.

Untuk mengembangkan usaha retail yang dijalankan, tentunya anda harus mengatur segala sesuatu yang mendukung dalam tolak ukur kemajuan bisnis retail anda. Agar usaha yang anda jalankan dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan dan mencegah terjadinya kerugian yang tidak sesuai dengan modal yang telah dikeluarkn.

Anda harus mempertimbangkan mulai dari sasaran pasar (target pasar yang akan dicapai), format perencanaan usaha retail yang matang untuk memperoleh keunggulan persaingan dalam bidang usaha yang sama, menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan usaha anda, hingga menciptakan loyalitas terhadap konsumen agar tetap menjadi pelanggan setia di lokasi retail anda.

Untuk terjun dalam bisnis retail ini, tentunya anda harus memiliki izin usaha terlebih dahulu dari pihak yang mengatur segala macam yang berkaitan dengan usaha retail. Adalah BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) yang merupakan badan pengelola usaha retail yang ada di Indonesia.

BKPM ini berperan sebagai pengatur dan pengelola bisnis retail yang ada di Indonesia mulai dari menerima usulan-usulan bisnis retail yang akan dijalankan, mempertimbangkan segala resiko usaha retail yang akan dijalankan, hingga mengatur perizinan usaha retail yang akan dijalankan di Indonesia.

Oleh karenanya, usaha retail itu tidak semata-mata bisa berdiri dan berjalan tanpa adanya kebijakan yang dipertimbangkan oleh BKPM itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *